Jangan Cemas, Berikut Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Keputihan merupakan kondisi ketika cairan atau lendir keluar dari vagina. Tentunya keputihan adalah cara alami tubuh agar dapat menjaga kelembaban dan kebersihan organ kewanitaan. Keputihan yang normal tidak membutuhkan penanganan secara khusus. Namun bagaimana jika keputihan yang dialami tidak normal ? Maka tidak ada salahnya untuk mengetahui cara mengatasi keputihan bau dan gatal berikut ini.

Kunyit : Di dalam kunyit terdapat kandungan senyawa yang berkhasiat sebagai obat, lho. Senyawa tersebut adalah kurkumioid, yang terdiri oleh kurkumin, desmetoksikumin, hingga bisdesmetoksikurkumin. Selain itu, di dalam kunyit juga terdapat kandungan minyak atsiri, karbohidrat, protein, dan pati, inilah mengapa kunyit berkhasiat dalam mengatasi keputihan, perut ketika mulas ketika haid, dan efektif untuk mengatasi haid yang keluar tidak lancar. Untuk mengatasi keputihan dengan kunyit, sekaligus untuk vagina kering, maka campurkan segelas susu hangat dengan bubuk kunyit sebanyak 1 sendok teh (5 gram). Anda bisa meminumnya selagi hangat agar bisa mendapatkan hasil secara maksimal, maka Anda bisa mengkonsumsi nya setiap hari.

cara mengatasi keputihan

Minyak oregano : Tahukah anda bahwa minyak oregano yang berasal dari oregano liar, yang berjenis Origanum vulgare sangat efektif dalam mengatasi infeksi jamur, yaitu penyebab keluarnya keputihan yang memang tidak normal. Nah, anda dapat memanfaatkan minyak oregano ini dengan bentuk essential oil, dan tidak untuk dioleskan secara langsung ke area vagina.

Cara Mengatasi Keputihan Bau

Cuka apel : Menurut beberapa penelitian mengungkapkan jika cuka apel bisa dimanfaatkan untuk mencuci vagina, bahwa dapat mengatasi infeksi bakteri yang di sebabkan oleh vaginosis bakterialis, kandidiasis, dan vaginitis. Di saat anda mengalami keputihan, maka sangatlah penting menyeimbangkan PH di bagian vagina. Sehingga cuka apel dapat di jadikan sebagai pilihan yang baik. Hal ini dikarenakan di dalam cuka apel terdapat kandungan anti septik serta asam yang bisa menurunkan, bahkan dapat menghilangkan bau yang tak sedap, sekaligus bisa memperbaiki kualitas asam di bagian vagina, cara mengatasi keputihan bau menggunakan cuka apel adalah dengan mencampurkan air dengan cuka apel, kemudian gunakan campuran tersebut agar dapat membasuh vagina sekali atau dua kali sehari, yang dilakukan selama beberapa hari, Selain itu, anda juga dapat meminum campuran tersebut sehari sekali.

Biji fenugreek : Kemungkinan saja biji fenugreek masih terdengar asing untuk sebagian orang apakah anda salah satunya? Ya, biji fenugreek ini berasal dari tanaman yang bernama fenugreek atau di sebut juga dengan klabet. Tentu saja biji fanugreek bisa digunakan untuk membantu dalam meningkatkan jumlah PH di area miss V anda. untuk menggunakannya, maka rendamlah biji fenugreek ke dalamĀ  air hangat semalaman. Jika sudah, maka saringlah, lalu minumlah air tersebut sebelum sarapan.

Baca juga artikel : cara menggugurkan kandungan

Buah cranbery : Kandungan anti oksidan, anti jamur, dan anti biotik yang ada di dalam buah cranberry ternyata juga sangat efektif dalam mencegah bakteri yang menempel di dinding vagina dan bisa mencegah keputihan. Nah, untuk mengatasi keputihan menggunakan cranberry, maka anda bisa membuatnya sebagai jus. Namun jangan ditambahkan dengan gula, ya. Anda bisa mengkomsumsinya satu gelas dalam sehari, 2 sampai 3 kali sampai masalah keputihan hilang.

Makanan Yang Bisa Menghilangkan Keputihan

Buah pisang : Kandungan glikemik yang ada dalam pisang cukup tinggi lho, dengan begitu efektif dalam menggantikan kebutuhan gula anda sehari-hari. Nah, untuk anda yang memang mengalami keputihan sebaiknya makan yang di dalamnya mengandung gula perlu di hindari. Hal ini dikarenakan gula yang berlebih bisa memicu pertumbuhan jamur yang merupakan penyebab dari keputihan. untuk mengatasinya, maka anda bisa mengkonsumsi pisang sebagai makanan yang bisa menghilangkan keputihan. Konsumsi lah 2 buah pisang dalam sehari selama anda mengalami keputihan. Anda bisa mengkonsumsi nya secara langsung maupun di jadikan sebagai jus dengan di tambahkan sedikit yoghurt, supaya rasanya semakin nikmat.

Minyak kelapa : Tentu saja, minyak kelapa murni bisa membantu menghilangkan jamur di dalam tubuh, salah satunya Candida albicans sebagai penyebab utama dari infeksi jamur di area vagina. Untuk menggunakannya, maka anda bisa secara langsung mengoleskannya ke area vagina anda yang mengalami infeksi. Tetapi pastikan dengan baik bahwa anda tidak mempunyai riwayat alergi dengan minyak kelapa sebelum ingin mengoleskannya, ya.

Cara Mengatasi Keputihan Gatal Dengan Bahan Alami

Bawang putih : Cara mengatasi keputihan gatal berikutnya adalah yang bisa dipilih adalah bawang putih. Ya, tanaman yang satu ini mengandung anti jamur dan anti bakteri di dalamnya, sehingga sangat efektif dalam menyingkirkan keputihan gatal maupun yang mengganggu. Nah, untuk mengatasi masalah keputihan menggunakan bawang putih, maka anda bisa mengkonsumsi nya sebagai makanan. Namun jangan langsung menaruh bawang putih ke area vagina, ya. Mengapa? Karena dapat membuat kulit yang ada di area kewanitaan bisa mengalami iritasi.

Daun sirih : Mengobati keputihan menggunakan daun sirih juga bisa sudah di kenal lho untuk sebagian orang. Hal ini terbukti dengan banyaknya produk untuk pembersih area kewanitaan yang menggunakan ekstrak dauk sirih. Hal ini di karena kan zat yang terkandung di dalamnya bersifat anti jamur dan anti bakteri.untuk mengobati keputihan menggunakan daun sirih yaitu dengan cara merebus beberapa helai daun sirih ke dalam air hingga warnanya berubah sedikit menjadi gelap. Hasilnya, anda akan memperoleh cairan ajaib yang efektif menangkal permasalahan wanita. Nah, tiris kan hasil rebusan daun sirih tersebut, kemudian basuh airnya di area vagina sebelum nantinya di bilas dengan air dingin.

Baca juga artikel : tanda tanda keguguran

Plain yoghurt : Yoghurt tawar atau yang di sebut juga dengan plain yoghurt mengandung konsentrasi dari bakteri lactobacillus yang cukup tinggi, sehingga sangat bermanfaat dalam menjaga PH di area kewanitaan. Tidak hanya itu saja, plain yoghurt juga bisa memulihkan area yang telah terinfeksi oleh bakteri atau jamur penyebab keputihan. Nah, untuk mendapatkan manfaat plain yoghurt secara efektif, maka anda bisa mengkonsumsi nya secara rutin. Mengapa? Karena secara anda mengkonsumsi nya secara rutin, jumlah bakteri baik yang ada di saluran pencernaan bisa bertambah, sedangkan jumlah jamur yang dapat menyebabkan infeksi akan berkurang.

Nah itu beberapa pilihan bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi keputihan. Yang jelas, cara menghilangkan keputihan secara alami yang telah di paparkan di atas sangat mudah di lakukan di rumah, dan yang paling penting adalah bahan-bahannya pun cukup mudah untuk anda dapatkan di pasaran.

Updated: 14 Februari 2021 — 12:13 am
Cara Menggugurkan Kandungan 100 Berhasil Dan Terbukti Nyata Mencegah Kehamilan © 2020 Cara menggugurkan kandungan
Open chat
1
Ada yang bisa kami bantu