Apa Itu USG Kehamilan Dan Bagaimana Cara Membacanya ?

Sesuai Prosedur medis, ada beberapa cara membaca hasil USG, namun sebelum itu anda juga perlu memahami beragam istilah saat mendapat hasil USG kehamilan, yaitu :

A. FHR atau fetal heart rate adalah frekuensi detak jantung janin yang umumnya akan langsung terdedeksi sejak awal kehamilan.

B.FW atau fetal weight merupakan informasi terkait berat janin saat dilakukan pemantauan USG

C. EDD atau estimated delivery date adalah hitungan perkiraan tanggal persalinan yang dihitung dari tanggal menstruasi terakhir, orang awan umumnya lebih mengenal EDD dengan istilah HPL atau hari perkiraan lahir.

D. GS atau gestational sac adalah ukuran kantong amnion atau kantong rahim yang akan terlihat sejak trimester awal kehamilan, ukuran GS diukur dari luas area cairan yang berbentuk bulatan hitam.

E. LMP atau last menstrual period adalah acuan usia janin yang sedang dikandung, dimana usia ini umumnya dihitung dari hari pertama sang ibu mendapatkan haid terakhir.

F. GA atau gestational age dapat diartikan sebagai perkiraan usia kandungan janin yang diukur dari panjang lengan, diameter kepala janin, serta panjang kaki yang terlihat melalui layar monitor.

G. HC atau head circumferencial adalah ukuran lingkar kepala janin yang pastinya akan selalu berkembang setiap minggu selama janin bertumbuh.

H. AC atau abdominal circumferencial yang merupakan ukuran lingkar perut janin, ukuran ini didapat dari ukuran tulang pelipis dari kedua sisi janin.

cara membaca hasil usg

Pada saat seorang wanita dinyatakan hamil dan akan menjadi seorang ibu, pemeriksaan ultrasonografi atau yang lebih dikenal dengan cara membaca hasil USG perlu dilakukan untuk memantau kondisi banyi, ada banyak manfaat USG  yang akan didapatkan oleh pasangan suami istri diantaranya :

  • Memantau perkembangan janin, apakah janin ada di dalam atau di luar rahim, hal ini akan mempengaruhi tindakan medis yang akan dilakukan selama masa kehamilan.
  • Evaluasi apabila terjadi kasus janin kembar.
  • Memantau ada tidaknya kelainan pada janin selama di dalam kandungan, posisi janin, posisi plasenta.
  • Memantau seluruh tahapan perkembangan janin, mulai dari pertambahan berat janin yang disesuaikan dengan usia kehamilan, detak jantung janin, mendeteksi jenis kelamin janin, melihat kondisi ketuban dan lainnya.
  • Mendeteksi beragam masalah kesehatan pada janin, yang umumnya meliputi sistem urin, sistem kardiovaskular, usus buntu, kelenjar getah bening, dan empedu.

Dengan melakukan USG kehamilan yang merupakan pencitraan dengan teknologi gelombang suara frekuensi tinggi, anda yang merupakan calon ayah maupun calon ibu bisa lebih mempersiapkan mental sebelum proses persalinan dilakukan, Namun demikian, hingga saat ini ada beragam hal yang juga perlu dipahami terkait USG pada masa kehamilan.

Apa Yang Perlu Diperhatikan Saat USG

Bagi ibu yang akan diperiksa USG, dirinya perlu berkonsultasi dengn dokter kandungan atau bidan yang merawat apakah ibu hamil tersebut memiliki alergi terhadap gel yang biasanya digunakan untuk pemeriksaan ultrasonografi atau tidak, jika memiliki alergi tentunya tindakan medis diawal yang perlu dilakukan sebelum pemeriksaan USG tentu akan berbeda. di samping itu, sebelum menjalani USG, seorang ibu hamil perlu memenuhkan kandung kemihnya, sang ibu hamil bisa mengkomsumsi sekitar 3L air putih dan tidak buang air kecil setidaknya 2 jam sebelum USG. hal tersebut perlu dilakukan agar hasil pencitraan gambar yang diberikan bisa lebih jelas termasuk pergerakan janin, namun demikian jika anda tidak sanggup menahan untuk buang air kecil, umumnya solusi yang ditawarkan pihak medis adalah dengan USG transvaginal.

Baca artikel : cara menggugurkan kandungan

Hingga saat ini ada beragan jenis USG yang bisa dipilih untuk mengetahui kondisi janin dalam kandungan yaitu :

  1. USG 2D seperti namanya, USG dua dimensi ini akan memperlihatkan beberapa potongan gambar melintang maupun memanjang yang hanya bisa dievaluasi oleh pihak dokter kandungan.
  2. USG 3D pemeriksaan ultrasonografi tiga dimensi ini sedikit berbeda dengan teknik 2D, dimana ada tambahan penampakan janin dalam bidang konoral. Gambar yang diperlihatkan lebih detail dan sama seperti aslinya, mengingat tampilan hasilnya juga berwarna.
  3. USG 4D adalah teknologi yang paling baru dibidang pemeriksaan ultrasonografi, dimana USG yang dilakukan akan disertai dengan gerakan video, Tampilan cetakan hasil juga berwarna dan sama persis seperti kondisi aslinya, untuk USG 4D ini, orang awamjuaga akan bisa membaca hasilnya secara mandiri.

Jika anda bertanya berapa harga USG kehamilan, maka hal tersebut akan bergantung pada jenis rumah sakit, daerah mana anda dilakukan memeriksaan, dan jenis USG apa yang anda pilih. secara umum proses USG perlu dilakukan sebanyak minimum 4 kali, dimana yang pertama perlu dilkukan di masa trimester pertama, pemeriksaan kedua dilakukan di trimester kedua, dan dua pemeriksaan terakhir di masa trimester ke tiga. Secara rerata, untuk pemeriksaan 2D, anda akan memerlukan dana mulai 100 ribu sekali pemeriksaan, sedang untuk pemeriksaan 4D, umumnya anda akan memerlukan dana mulai 500 ribu, mengingat sekarang ini ada pertanggungan dari pemerintah dalam bentuk BPJS kesehatan, biaya USG akan ditanggung penuh oleh BPJS kesehatan apabila dokter kandungan yang memeriksa anda memiliki indikasi medis yang mengharuskan anda USG.

Baca artikel : tanda tanda kehamilan

Saat memulai USG, anda akan direbahkan di tempat tidur dan perut diolesi gel untuk melancarkan pergerakan probe yang diletakkan diatas perut ibu hamil, Probe akan digerakkan dan kondisi di dalam perut ibu hamil akan terlihat dilayar monitor. Misalnya saja saat dokter melihat dan membaca USG kehamilan 4 minggu, dokter akan menjelaskan janin anda yang berbentuk seperti biji kacang hijau yang berukuran 2mm.

Updated: 5 Februari 2021 — 2:32 am
Cara Menggugurkan Kandungan 100 Berhasil Dan Terbukti Nyata Mencegah Kehamilan © 2020 Cara menggugurkan kandungan
Open chat
1
Ada yang bisa kami bantu